Monday, June 3, 2013

Lakukan Kebiasaan ini Agar KulitMu Sehat

Untuk mendapatkan kulit cantik tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk perawatan yang mahal. Ada beberapa kebiasaan yang bisa diterapkan untuk menjaganya tetap lembut dan segar. Deborah Jaliman, MD, seorang ahli dermatologi, memberikan bocorannya.

Add caption
Gunakan bahan perawatan berbahan retinol
Noda hitam dan kulit yang mengendur membuat kulit tampak lebih tua dari usia sebenarnya. Coba biasakan mengoles krim berbahan retinol setiap malam. Ini bisa sangat bermanfaat untuk menjaga tekstur kulit dan membuat noda hitam menghilang, serta kulit lebih lembut. Fungsinya menstimulasi produksi kolagen dan mencegah terjadinya kerut dan penuaan. Hanya saja saat bangun pagi keesokan harinya, jangan lupa memakai krim tabir surya dengan SPF 30 supaya kulit yang menjadi lebih sensitif akan terlindungi.

Konsumsi vitamin dan antioksidan
Asupan vitamin dan antioksidan menjadi penting buat kulit karena dapat membantu mengatasi radikal bebas yang merusak kulit. Selalu sediakan vitamin B, C, dan E, yang masing-masing diperoleh dari konsumsi sayur dan buah-buahan, seperti jeruk, kelengkeng, buah kiwi, jambu biji (vitamin C), alpukat, tomat, melon, semangka (vitamin B6), pepaya, pisang (vitamin E). Di samping lewat makanan, ada juga produk perawatan yang menggunakan bahan-bahan alami yang mengandung vitamin-vitamin tersebut. Coba: Vitamin E Moisture Cream dari The Body Shop.

Membersihkan muka dengan alat pembersih sonic
Banyak di antara kita yang menggunakan handuk atau kapas untuk mengeringkan wajah yang baru dibersihkan. Kadang tanpa kita perhatikan dengan seksama, sisa make-up atau debu masih ada di sana dan membuat kulit kering. Sebagai alternatif kita bisa menggunakan alat elektronik, atau sistem sonic yang sekarang sudah ada di pasaran. Salah satunya, Olay Pro-X Advance Cleansing System.

Memakai krim tabir surya
Setiap kali ke luar rumah, gunakan krim tabir surya sebagai pelindung. Tentunya yang formulanya aman digunakan, dan sesuai dengan jenis kulit. Memakai tabir surya dengan SPF 30 setiap hari bisa menjaga kulit dari paparan sinar UV yang bisa merusak kulit.

Jangan gunakan tangan saat memakai kosmetik
Kita kerap memakai tangan atau ujung jari saat mengoleskan make-up atau membersihkannya, tanpa kita tahu ada bakteri yang dibawanya. Kenapa tidak kita coba beralih pada kapas kosmetik misMungkin pertama-tama akan membutuhkan banyak waktu, tapi lama-lama akan terbiasa.

Butuh pelembab atau moisturizer
Pelembab dianggap juga sebagai antioksidan yang efektif menstimulasi produksi kolagen untuk kulit. Setidaknya bisa membantu membuat kulit lebih segar, dan mengurangi kerut dan kulit kusam. Bahan-bahan yang dikandung moisturizer ini menjaga kulit tetap cantik.

dikutip dari Kompas 

No comments:

Post a Comment