Monday, April 11, 2011

Tips Perawatan Kulit


Setiap wanita pasti menginginkan kulit wajah dan tubuh yang indah.Tentu saja kulit yang indah tidak diperoleh dengan sendirinya akan tetapi kita harus merawatnya secara rutin dan memahami tips merawat kulit yang benar.Seperti kulit wajah yang putih namun tidak sehat dan terawat tentunya sia-sia. Hal ini dikarenakan kita tidak merawat kulit secara rutin.
Pada dasarnya ada dua jenis cara merawat kulit yang dapat kita terapkan sehari-hari. Namun terlebih dahulu kita sebaiknya mengenal jenis kulit yang kita miliki.

Jenis-Jenis Kulit


  • Kulit Normal. Cirinya pori-pori tidak terlihat, tampak segar dan cerah. Kulit jenis ini sangat mudah untuk dirawat dan tidak memerlukan penggunaan kosmetik yang berlebih.
  • Kulit Berminyak. Kulit ini cirinya tebal, basah, pori-pori terbuka, terasa lengket dan mengkilat. Kulit jenis ini memproduksi minyak berlebih dan mudah berjerawat.
  • Kulit Kering. Kulit jenis ini mempunyai pori-pori yang tidak terlihat, tipis tampak kusam dan suram. Kelenjar minyak tidak bekerja secara optimal sehingga kulit mudah keriput
  • Kulit Sensitif. Kulit jenis ini kasar, berwarna merah, tidak tahan dengan alat kosmetik tertentu dan sering terasa gatal-gatal dan panas.


Jika sudah mengenal jenis kulit, saatnya untuk mengetahui hal-hal yang tidak baik untuk kulit kita :


  • Rokok. Nikotin yang terkandung di dalam rokok dapat mempengaruhi elastisitas kulit, kemudian zat benzopyrene yang terdapat di asap rokok dapat menyedot asupan vitamin C dalam tubuh, sehingga tidak dapat menunjang kolagen yang dibutuhkan untuk meminimalkan penuaan dan kerutan pada kulit kita.
  • Sinar matahari atau sinar UV. Sinar ultraviolet terdiri dari UVA dan UVB. Keduanya dapat mempengaruhi elastisitas kulit kita. Terpaan sinar matahari yang berlebihan membuat kulit kita lelah, mudah dehidrasi dan kelihatan tua. Kulit kita terdiri dari kolagen dan elastin yang memberikan kelenturan dan menunjang jaringan kulit, namun terpaan sinar matahari yang berlebihan dapat mengurangi intensitasnya sehingga tidak optimal.
  • Alkohol. Alkohol dapat menyedot persediaan vitamin B dalam tubuh kita
  • Stress. Bukan hanya kondisi psikologis kejiwaan, namun kulit juga dapat mengalami stress. Stress kulit seperti terkena eksim, eksim dapat menyebabkan peradangan pada kulit di daerah tertentu pada bagian tubuh kita.


Selanjutnya, setelah menjaga kulit kita, kita juga harus merawatnya. Berikut tips perawatan kulit

Perawatan Kulit Dari Luar

  • Berolahraga minimal 30 menit sehari
  • Bersihkan wajah secara teratur, terumata sebelum tidur, wajah kita harus dibersihkan terlebih dahulu
  • Lakukan perawatan kulit secara teratur seperti pembersihan, penyegaran, lulur, masker dan facial. Jangan lupa untuk menggunakan sunblock dengan kandungan SPF 15-30, semakin besar SPFnya semakin lama melindungi kulit kita dari sinar matahari.


Perawatan Kulit Dari Dalam

  • Perbanyak minum air putih, minimal delapan gelas dalam sehari. Air dapat membantu mempertahankan elastisitas kulit.
  • Mengkonsumsi aneka vitamin. Dengan rajin mengkonsumsi sayur dan buah maka tidak perlu membeli vitamin yang mahal. sayuran dan buah yang mengandung vitamin A, B dan C baik untuk kesehatan kulit
  • Melakukan diet sehat dengan cara menjaga asupan gizi yang kita konsumsi sehingga tubuh kita tetap seimbang karena asupan gizi yang dibutuhkan terpenuhi.


Perhatikan posisi tidur anda, posisi tidur tengkurap dapat menyebabkan kerut, posisi yang baik terlentang dan sesekali menghadap ke kiri dan ke kanan. Usahakan waktu tidur anda minimal delapan jam sehari.

Selamat mencoba..

No comments:

Post a Comment